Jakarta, 12 Oktober 2022 — MarkPlus Corp melalui unit bisnisnya MarkPlus Institute terus berupaya untuk menghadirkan terobosan baru melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan utamanya dengan perguruan tinggi.

Pada 12 Oktober 2022 di Gedung Laboratorium Terpadu FEB Unsoed Purwokerto, Bersama Unsoed dan Catholic University Korea Selatan, MarkPlus meresmikan pendirian Humane Entrepreneurial Marketing (HEM) Centre yang telah diinisiasi sejak 2021 silam. Tidak hanya di Unsoed, peresmian Center for Applied Philosophy and Humane Entrepreneurial Marketing juga diadakan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta pada 13 Oktober 2022.

Kerja sama ini dilandasi dua konsep yang diterbitkan oleh dua tokoh pemasaran ternama yaitu Humane Entrepreneurship Small Business oleh Kim Ki Chan selaku Professor of Management at the Catholic University of Korea dan Entrepreneurial Marketing oleh Hermawan Kartajaya selaku Founder and Chairman MarkPlus Corp.

Humane Entrepreneurial Marketing (HEM) Centre Unsoed menjadi pusat pengembangan revitalisasi pedesaan untuk mendorong orientasi kewirausahaan dan kapabilitas di kalangan masyarakat pedesaan melalui pendekatan komprehensif yang berpengetahuan dan teknologi yang maju agar diakui secara global.

Berangkat dari kekhawatiran akan rendahnya pola pikir kewirausahaan masyarakat di daerah pedesaan, HEM Centre didirikan agar pelaku usaha mampu memberi dampak yang lebih signifikan bagi pemuda dan perempuan yang terlibat dalam UMKM.

Selain itu diharapkan HEM Centre dapat menghasilkan model bisnis yang dapat diadopsi oleh UMKM di wilayah setempat.

Mulai beroperasi, HEM Centre Unsoed diketuai oleh Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, Ph.D yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Unsoed.

Di sisi lain Center for Applied Philosophy and Humane Entrepreneurial Marketing yang diresmikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menjadi pusat penelitian mengenai etika pemasaran yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Upaya ini juga menjadi dukungan MarkPlus Corp akan aktualisasi SDGs poin 1 yaitu No Poverty, SDGs poin 2 yaitu Zero Hunger, SDGs poin 4 yaitu Quality Education, SDGs poin 8 yaitu Decent Work and Economic Growth, SDGs poin 9 yaitu Industry, Innovation and Infrastructure, serta SDGs poin 17 yaitu Partnership for The Goals menuju 2030.

Dukungan MarkPlus Corp bagi keberlangsungan aktivitas UMKM akan terus digalakkan, didukung dengan fakta bahwa perkembangan sektor UKM yang memiliki peranan vital bagi pertumbuhan ekonomi, akan berpengaruh positif terhadap pencapaian SDGs.

Oleh karena itu melalui kolaborasi, MarkPlus Corp mengajak para pembuat kebijakan untuk bersama mendukung UKM lebih produktif menuju tercapainya SDGs 2030.