Riau, 1 September 2022 -  The 10th Annual Indonesia MarkPlus Festival 2022 kembali digelar oleh MarkPlus, Inc di enam kota besar di Indonesia. Berbeda dengan kota-kota sebelumnya, kali ini IMF Riau dihadiri ratusan peserta secara virtual pada Kamis, 1 September 2022.

Pada edisi pertama hingga keempat IMF 2022, MarkPlus telah mengupas bagaimana pemasar harus bangkit di tengah kondisi pasar yang semakin kompetitif dan disrupsi teknologi yang tak henti bertransformasi. Melihat urgensi tersebut, dalam IMF 2022 Hermawan Kartajaya kembali menegaskan bahwa pemasaran adalah strategi untuk memenangkan persaingan.

Dibuka dengan paparan Human 5.0, dalam sesi ini Ia menekankan pentingnya branding, customer, dan product management. “Konsumen akan membeli merek kita apabila memiliki diferensiasi. Tanpa diferensiasi, produk kita tidak akan dikenal. Oleh karenanya, UMKM perlu memahami cara mengembangkan brand dan menangani konsumen, tidak hanya membuat produk saja”, ujar Hermawan.

Dalam acara ini, telah dikupas bagaimana berbagai narasumber yang hadir lintas sektoral berupaya untuk mempertahankan kompetensi bisnisnya meski di masa krisis atau sejak pandemi melanda. dr. Jimmy Kurniawan selaku Direktur RS Awal Bros Pekanbaru menyatakan “Mengatasi pandemi COVID-19, kami membuat suatu layanan digital seperti telemedicine, sehingga pasien tidak perlu ke Rumah Sakit untuk mendapatkan konsultasi dengan dokter.”

Jimmy menyatakan pemeriksaan lebih lanjut bagi pasien juga bisa dilaksanakan dari rumah dengan layanan pengantaran obat dan kunjungan home service tenaga kesehatan. Menunjang layanan digital tersebut, RS Awal Bros Pekanbaru juga menyediakan e-medical report untuk akses data pasien.

Layanan digitalisasi yang dilakukan RS Awal Bros menjadi nilai tambah bagi institusinya di tengah pola hidup masyarakat yang terus bertransformasi ke kanal digital. Sebagai industri yang bergerak pada bidang pelayanan masyarakat, RS Awal Bros membuktikan agility atau kesigapan untuk menggagas ide serta inovasi baru yang unggul dan sesuai dengan kebutuhan konsumen menjadi sebuah keniscayaan.

Inovasi yang dilakukan PT Awal Bros rupanya juga diterapkan oleh salah satu pemain besar sektor asuransi yaitu Pegadaian. Tumiyem selaku Vice President Pegadaian Area Pekanbaru menyatakan “Sebelumnya, pelayanan Pegadaian dilaksanakan dengan sangat sederhana. Saat ini, Pegadaian dengan aplikasi digital service membolehkan nasabah melakukan transaksi secara digital, bahkan untuk layanan tabungan emas sekalipun”, ujar Tumiyem.

Hal ini disepakati oleh Peng Suyoto selaku Owner PT Bengkalis Kuda Laut. Dalam mengembangkan perusahaannya, kini Ia berusaha menerapkan konsep pemasaran Human 5.0 kepada seluruh lapisan perusahaan. “Seluruh karyawan kami anggap perlu memahami konsep pemasaran Human 5.0., tak terkecuali satpam sebagai garda terdepan yang menghadap konsumen”.

Melalui konsep Human 5.0. yang mencakup model CIEL, yakni Creativity (divergen dan konvergen), Innovation (desirable, feasible, viable), Entrepreneurship (opportunity, risk, network), dan Leadership (customer management, product management, brand), para pelaku industri berusaha untuk melakukan gebrakan baru sehingga mampu memenangkan persaingan di tengah pasar yang kian kompetitif, sebagai pelengkap dari konsep PIPM (Productivity, Improvement, Professional, and Management).

Peng Suyoto juga menegaskan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan sebagai strategi menghadapi pasar yang semakin kompetitif menuju 2023, yang kemudian disepakati oleh Jacky Mussry selaku Deputy Chairman MarkPlus, Corp, “Kita semua menyadari bahwa kita tidak bisa menghadapi dunia yang tidak ada ampunnya ini sendirian saja. Kita bisa membangun banyak ekosistem yang melibatkan mitra-mitra baru untuk menunjang berlakunya era sharing economy.”, ujar Jacky.

Acara ini juga dikemas dengan serangkaian sesi penganugerahan Industry Marketing Champion 2022, Public Service of The Year 2022, Salesperson Of The Year, Service Person Of The Year, dan Brand Activator Of The Year.
Mengawali IMF 2022 secara online, MarkPlus akan kembali menyelenggarakan Indonesia MarkPlus Festival 2022 di kota terakhir Manado pada 6 September 2022. Acara ini dibuka untuk publik, yang registrasinya dapat dilakukan pada tautan bit.ly/THE10thIMF. Selain wawasan pemasaran paling terkini, pengunjung juga berkesempatan untuk branding dan networking bisnisnya.